Strategi Pendidikan Moral Gen-Z dengan Pendekatan Konseling Alkitabiah Jay E Adams untuk Menangkal Krisis Nilai di Era Digital

Abraham Rendy Hermawan, Samuel Herman

Abstract


Generation Z is experiencing a moral crisis amid rapid digitalization and secular cultural influences. This study addresses the weakening of moral foundations among Gen Z, which contributes to behaviors such as violence, social media addiction, and declining personal ethics. To respond, the study explores the relevance of Jay E. Adams’ biblical counseling as a moral education strategy for the digital age. Using a qualitative literature review method, the research analyzes Adams’ theory, Gen Z characteristics, and the integration of counseling in Christian education. The findings reveal that Adams’ four counseling stages—teaching, reproving, correcting, and training in righteousness—effectively help youth internalize moral values in a gradual and transformative way. This study offers a contextual and systematic model of moral education based on biblical principles, which can be applied by educators, churches, and parents to shape the character of Generation Z holistically in today’s digital era.


Generasi Z sedang mengalami krisis moral di tengah arus digitalisasi dan pengaruh budaya sekuler yang cepat. Studi ini menyoroti lemahnya dasar moral di kalangan Gen Z, yang memicu perilaku seperti kekerasan, kecanduan media sosial, dan menurunnya etika pribadi. Untuk merespons hal ini, penelitian ini mengkaji relevansi konseling biblika Jay E. Adams sebagai strategi pendidikan moral di era digital. Dengan metode kualitatif melalui studi pustaka, penelitian ini menganalisis teori Adams, karakteristik Gen Z, serta integrasi konseling dalam pendidikan Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat tahap konseling Adams—mengajar, menegur, memperbaiki, dan melatih dalam kebenaran—terbukti efektif membantu kaum muda menginternalisasi nilai-nilai moral secara bertahap dan transformatif. Studi ini menawarkan model pendidikan moral yang kontekstual dan sistematis berbasis prinsip Alkitab, yang dapat diterapkan oleh pendidik, gereja, dan orang tua untuk membentuk karakter Gen Z secara holistik di era digital.


Keywords


Biblical Counseling, Jay E. Adams, Generation Z, Moral Education, Digital Era, Konseling Alkitabiah, Jay E. Adams, Generasi Z, Pendidikan Moral, Era Digital

Full Text:

PDF

References


Antak, Maria Martha. “Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Gembala Dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Rohani Siswa.” In Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2:69–80, 2024.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pendidikan Kristen Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moralitas Dan Mereduksi Sikap Acuh Generasi Penerus Terhadap Agama.” Discreet: Journal Didache of Christian Education 3, no. 1 (2023): 37–46.

Assa, Brian Rivan, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prinsip Memelihara Kesucian Dalam 1 Petrus 1: 16 Di Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 3, no. 1 (2022): 63–79.

Banurea, Satia Febrianty, and Dorlan Naibaho. “Watak Dan Tata Nilai Guru PAK Dalam Mengajar Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024).

Davis, D Clair. “Some Reflections On Biblical Counseling, Adams, and Powlison.” Unio Cum Christo: International Journal of Reformed Theology and Life 9, no. 1 (2023): 179.

Deta, Soleman Umbu, Djuniasih Djuniasih, and Herling Fredriek Bulahari. “Implementasi Bimbingan Konseling Berdasarkan 1 Korintus 4: 14-17 Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Di SMA Saint Enohc Citra Indah City Jonggol.” Jurnal Silih Asah 1, no. 2 (2024): 131–146.

Dewi, Ernita, and M Hum. Perempuan Dan Remaja Dalam Rotasi Perubahan Zaman. Ar-Raniry Press, 2020.

Dewi, Riska Chyntia, and Suparno Suparno. “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.” Jurnal Media Administrasi 7, no. 1 (2022): 78–90.

Elbaar, Yetris, and Peniel CD Maiaweng. “Tinjauan Teologis: Allah Menyesal Berdasarkan Perspektif Kitab Kejadian Pasal 6: 6-7.” Jurnal Jaffray 11, no. 2 (2013): 114–139.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.

Farida, Muharoma Chomsatul, Unima Laia, and Putri Rambu Sanja. “Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Iman Siswa.” Inculco Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 1–15.

Fatmadani, Ratu Alifia, Arlieka Permatasary, Tiffany Zulvia Putri, and Muhamad Nanang. “Hubungan Antara Kecanduan Media Sosial Dengan Kesehatan Mental Anak Remaja Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Systematic Literature Review.” Prosiding Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan IV, 2021, 157–167.

Gultom, Joni Manumpak Parulian. “Misi Gereja Dalam Pengembangan Praktek Penginjilan Pribadi Dan Pemuridan Generasi Z.” Manna Rafflesia 9, no. 1 (2022): 18–36.

Hairi, Husnul, Badarudin Badarudin, and Mashun Mashun. “Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik SMA Kabupaten Lombok Timur.” Educatio 19, no. 2 (2024): 469–481.

Halawa, Agnes Monica, and Remegises Danial Yohanis Pandie. “Manusia Baru Bagi Remaja Kristen Berdasarkan Kolose 3: 5-17 Dan Implikasinya Bagi Pendidik Kristen.” Edukris: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 01 (2025): 16–34.

Heath, W Stanley. Psikologi Yang Sebenarnya. Yogyakarta: PBMR Andi, 2021.

Herman, Samuel. “Strategi Unggul Konseling Pastoral Pada Remaja Dalam Hubungan Percintaan.” Jurnal Apokalupsis 14, no. 2 (2023): 134–155.

Herman, Samuel, and Rinaldi Dharmawan. “Perceraian Ditinjau Dari Sudut Pandang Etika Kristen Dan Implikasinya Dalam Dunia Pelayanan.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 5, no. 1 (2024): 30–42.

Herman, Samuel, and Juliana Hindradjat. “Innovative Transformation Through Biblical Counseling in Serving the Spiritual Community.” International Journal of Multicultural Counseling and Development 1, no. 1 (2024): 1–9.

Herman, Samuel, and Jeremy Mulyadi. “Adaptasi Konseling Teologis Di Era Digital.” Jurnal Christian Humaniora 7, no. 2 (2023): 44–60.

Hunt, June. Pastoral Konseling Alkitabiah 2: Menjawab Isu-Isu Etika Sekuler Masa Kini. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2021.

Kapoh, Jehezkiel Novie, and Maria Jeklin Onibala. “Urgensitas Pelayanan Konseling Pastoral Di Era Postmodern: Tanggapan Kritis Terhadap Degradasi Moral Remaja Kristen.” Murid Kristus: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2024): 155–171.

Kurnia, Catherine Christianny, Samuel Herman, and Jantje Haans. “Strategi Efektif Gereja Dalam Pemanfaatan Teknologi Modern Untuk Mewartakan Injil Di Masyarakat 4.0.” SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual 16, no. 2 (2023): 125–142.

Manginsihi, Ester Ribka Johana, and Yohan Brek. “Peran Pengakuan Dosa Sebagai Sarana Konseling Pastoral Bagi Narapidana Berdasarkan Mazmur 51: 1-21.” Atohema: Jurnal Teologi Pastoral Konseling 1, no. 1 (2024): 1–20.

Mulalinda, Stella. “Analisis Pengaruh Pembinaan Dan Keteladanan Guru Sekolah Minggu Berdasarkan Yakobus 3: 1-12 Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak-Anak Di Gereja-Gereja Bandar Lampung.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen P-ISSN 2723 (n.d.): 326X.

Mulyana, Asep, Cory Vidiati, Pri Agung Danarahmanto, Alfiyah Agussalim, Wiwin Apriani, Fiansi Fiansi, Fitra Fitra, et al. Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina, 2024.

Nahak, Desi Y, Desi Rizia Liu, Roland Taneo, Ningsi Betty, Orisen Natonis, and Selmi A Tefa. “Kisah Kain Dan Habel Dalam Kejadian 4: 1-16 Dan Refeksinya Tentang Kehidupan Bersaudara Masa Kini.” Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif 6, no. 1 (2025).

Newheiser, Jim. “Presuppositions of Biblical Counselors.” Unio Cum Christo: International Journal of Reformed Theology and Life 9, no. 1 (2023): 151.

Ola, Dominikus Doni, Megawati Naibaho, and Blasius Superma Yesse. “Proses Penanaman Nilai-Nilai Moral Kristiani Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli Dan Asrama Putri Bintang Laut Teluk Dalam.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (2024): 523–532.

Purba, Jhon Leonardo Presley, Hizkia Febrian Prastowo, and Robinson Rimun. “Kajian Hermeneutis Ungkapan ‘Sungguh Amat Baik’ Dalam Kejadian 1: 31 Ditinjau Dari Perspektif Redemptive-Historical Approach.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2022): 122–33.

Raumbani, Darius Kahabi, and Aprianus Lendrik Moimau. “Kebangkitan Kristus Terhadap Dosa Membawa Anugerah Dalam Kehidupan Manusia Berdosa Roma 6: 10-11.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 2, no. 3 (2024): 53–62.

Riskha, Dora. “Empowering Minds: Strategi Dan Sumberdaya Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Di Kalangan Anak Sekolah Dan Mahasiswa.” Ruang Karya, 2024.

Ronsumbre, Frida Helena, and Thomson Framonty E Elias. “Pengaruh Etika Kristen Bagi Anak Remaja: The Influence of Christian Ethics on Teenagers.” EIRENE: Jurnal Ilmiah Teologi 9, no. 2 (2024): 388–406.

Saingo, Yakobus Adi, Harun Yermia Natonis, Johanes Waldes Hasugian, and Yudi Hendrilia. “Menstimulasi Motivasi Belajar Melalui Peran Aktif Guru Pendidikan Agama Kristen.” The New Perspective in Theology and Religious Studies 5, no. 2 (2024): 159–180.

Senjaya, Styadi, and Samuel Herman. “Tinjauan Alkitab Mengenai Jasa Sewa Pacar Pada Kalangan Generasi Z.” Jurnal Teologi Praktika 5, no. 1 (2024): 1–17.

Sidabutar, Intan, Rasme Sinulaki, Estelita Situmorang, and Andar Gunawan Pasaribu. “Implementasi Model Pembinaan Warga Gereja Menurut Kitab 2 Samuel Dalam Keteladan Kaum Bapak.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 4, no. 1 (2025): 2444–2460.

Simarmata, Marganda. “Kemerosotan Moral Masyarakat Berdasarkan Persfektif Alkitab Dan Implikasinya Bagi Pemuda GPIBI BPD Sumatera.” Jurnal PHOTIZO 3, no. 2 (2021): 1–16.

Sinta, Grasela, Hurmanisa Hurmanisa, Sepri Sepri, and others. “Tantangan Awal Perubahan Kehidupan (Penyangkalan Diri).” Jurnal Magistra 2, no. 2 (2024): 176–182.

Sitanggang, Mariati Purnama, and others. “Menghadapi Ajaran Sesat Di Era Digital: Perspektif Teologi Kristen Dan Strategi Pendidikan Iman Untuk Menghadapi Konsekuensi Digitalisasi.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 8, no. 1 (2024): 1–10.

Takanyuai, Welmina, Nelly Nelly, and others. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Iman Anak Berdasarkan 2 Timotius 3: 14-17.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 4, no. 2 (2020): 264–272.

Tambunan, Jujung Rilman, and Kalis Stevanus. “Tasfir Peshat Terhafap Perkawinan Campur Dari Anak-Anak Allah Di Dalam Kejadian 6: 1-4.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 19, no. 1 (2023): 71–83.

Tiku, Debianto Taruk. “Pendampingan Konseling Pastoral Dalam Membentuk Penerimaan Diri Anak Sebagai Anak Sulung Di Jemaat Buttu Madingin.” Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, 2024.

Wahidji, Sintian, Rusni Hasan, Hasim Hasim, and Frahmawati Bumulo. “Peran Filsafat Pendidikan Di Dalam Pembentukan Karakter Generasi Gen Z.” Indonesian Research Journal on Education 5, no. 1 (2025): 628–633.

Watak, Skivo Reiner, Thomson Framonty E Elias, and Graselia Kiriwenno. “Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Iman Anak Remaja.” NERIA 2, no. 2 (2024): 251–271.




DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v6i1.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.